Drivers Downloads For Free

Pilih dan baca

Island Of God, Bali Promotion

AMI Award 12th: Standing Ovation dan Yovie Widiyanto

Share
Ada cerita dikit nih. Kemarin hari jumat malem pas selesai nikmatin Buffet di Plangi (Plaza Semanggi-red) sama temen2 sy, baru inget kalo di Balai Sarbini (satu lokasi dg Plaza Semanggi) malem itu ada hajatan RCTI yaitu Anugerah Musik Indonesia yg ke-12 (AMI Award 12th).

Pas pengen nonton ternyata ga ada tiket dan pake sistem undangan pula. Jadi ya pulang aza deh sy. Dan sesampainya di rmh langsung nyalain TV yg kebetulan acara AMI Award nya di siarin langsung oleh RCTI.

Ada yang menarik dari AMI ke-12 tahun ini bagi saya.Yaitu saat pengumuman pemenang dan pemenangnya naik ke panggung sama sekali ga ada standing ovation. Apa memang begitu mental kita orang Indonesia yg katanya saling menghormati sesama spt lazimnya budaya ketimuran?


Coba perhatikan acara reward sejenis dari luar negeri yg pernah disiarin di TV kita. Seperti Oscar untuk penghargaan film, dan acara reward musik lainnya. Kalo diumumkan pemenang untuk kategori tertentu dan saat pemenangnya naik ke panggung semua yg duduk di kursi penonton langsung berdiri sambil bertepuk tangan (standing ovation). Beda banget sama di negeri tercinta ini. Pada saat pemenang naik ke panggung tak ada satupun yg berdiri dari tempat duduknya. Yg tepuk tangan pun ga semua tuh.

Melihat kejadian ini saya jadi berfikir mungkin inilah gambaran masyarakat kita, kalo udah dapet tempat duduk ga mau dilepasin sedikitpun walau cuma untuk berdiri sebentar. Ini saya kira gambaran juga buat pemilik kursi di legislatif kali ya. Pertahankan kursi sekuat tenaga takut didudukin orang lain. he..he..he..


Yovie Widiyanto

Nah ini yg paling menarik buat saya untuk diceritain. Yaitu saat Yovie 'n the Nuno menang untuk kategori Album Terbaik. Pada saat Yovie Widianto dan teman2 di atas panggung dan menerima piala yg diserahkan oleh Grup Ungu, Yovie melihat sebentar tulisan di piala itu. Dan dia mengatakan "oh benar ini tulisannya penghargaan untuk musik Indonesia, bukan musik melayu". Apa maksud ucapan Yovie itu?

Perlu diketahui bahwa nominator untuk kategori Album Terbaik yg dimenangkan Yovie 'n The Nuno ini tercantum jg nama ST12. Grup musik Indonesia yg lagunya melayu banget (kata beberapa wartawan musik lho). Mungkin itu yg membuat Yovie bicara spt di atas (menurut sy sih iya). Ini penghargaan musik Indonesia bukan musik melayu. Belum cukup sampe di situ, Yovie bicara lagi :" Terima kasih atas penghargaan ini, semoga kami selalu membuat karya yg orisinil tidak plagiat atau meniru musisi lain". Lha padahal kan ga ada tema atau pancingan yg harus membuat Yovie bicara seperti itu. Trus Apalagi maksud ucapan Yovie yg terakhir itu??

Perlu sodara2 ketahui (ehm!) salah satu nominator nya lagi di kategori ini adalah The Changcuter. Orisinalitas bermusik The Changcuter menurut Yovie mungkin perlu dibahas kali ya (lagi2 sy setuju). Walaupun tentu saja Yovie ga mengatakan spt itu, tapi menurut sy dia mau mengatakan itu. Atau sy yg terlalu peka? Tapi kalo mau bukti tentang ini? Coba aza dengerin lagu The Changcuter yg judulnya 'I Luv u Bibeh', bandingin dg lagu 'Hongky Tonk Woman'-nya Rolling Stones. Intronya mirip abis (ya kan?). Dengerin lagi lagunya yg berjudul 'Hijrah ke London' dan bandingin dg lagu 'Boys don't Cry' milik The Cure. Musiknya, melodinya mirip abisss. Trus ada lagi lagu 'Sang Penakluk Api' dan bandingin dg lagu 'Light My Fire' milik The Doors. Dan mungkin banyak lagi lagu lainnya, cuma itu yg sy tau sih.

Ngomong2 orisinalitas bermusik musisi kita mungkin banyak yg terinspirasi musik2 musisi luar. Tapi biasanya musisi yg punya lagu mirip2 itu mengatakan bukan meniru tapi memang terinspirasi oleh musik musisi luar negeri itu. Ya sudahlah terserah aja. Toh mereka yg terinspirasi (meniru kaleee!?) tetep sukses lagunya di negeri ini. Dan berhasil jadi barisan seleb papan atas pula.. hi..hi..

Waduh perut sy kekenyangan makan Buffet nih. Udah dulu ah!


Digg!

12 komentar:

b_1124wn mengatakan...

salam kenal :D

b_1124wn mengatakan...

salam kenal

Ravatar mengatakan...

prioritas utama ngetop sih mas, terus laku dijual. Soal orisinal berkesenian, orang sekarang kayaknya liat2 kondisi.
Salam kenal mas

arius mengatakan...

@b_1124wn = lam kenal juga. Thanks for comment
@Ravatar = Ya sah-sah saja klo di industri musik kita berpikir 'market oriented'. kita kan perlu makan .. he3x, lam kenal jg thanks http://us.i1.yimg.com/us.yimg.com/i/mesg/emoticons7/3.gif

Nanang mengatakan...

Salam kenal, btw blognya kok gak kosong :D

arius mengatakan...

@nanang = he..he..he.. btw lam kenal jg mas

buJaNG mengatakan...

Wkwkwkwk... kayaknya mereka layak tuh...

mamas mengatakan...

Saya juga sering dapat award... :D

artikel kesehatan mengatakan...

I love ST 12. Eh, mas, anda dapat award juga dari saya. Silahkan diambil.

faisal mengatakan...

wah Yovie kok gitu ya? g seharusnya dia ngomong seperti itu. benar nggak sob?

Muhammad Qori mengatakan...

yovie nuno parno musik melayu kali...

Chalief mengatakan...

Wahhh...wah....aku gag nonton Full kemaren Bro... Tapi kalau emank bener dy ngomong gitu, wahhh...kok bisa yaaa???huhu.
Btw soal Plagiat, Saya Concern ke DMasiv yang udah saya bahas di Blog Saya...

http://chalief.blogspot.com/2009/04/dmasiv-plagiat.html

Chalief

Posting Komentar

silahkan komentar apa saja tapi jangan nyepam dan SARA